Arkeolog Temukan Buku Resep Masakan Tertua di Dunia

Posted by Berita Kami

 

LONDON - Arkeolog menemukan benda peninggalan bersejarah yang menunjukkan beberapa daftar bahan makanan dan digunakan pada Abad Pertengahan. Buku tertua ini kabarnya telah ada sejak abad ke-12.

Dilansir Discovery, Jumat (19/4/2013), manuskrip berusia ratusan tahun lalu ini mengandung resep masakan Abad Pertengahan penduduk Eropa. Isi buku meliputi makanan dan ramuan salep medis, yang disusun dan ditulis dalam bahasa latin.

Seseorang menuliskan buku ini ketika berada di biara Durham Katedral pada 1140. Ketimbang buku resep masakan, arkeolog lebih meyakini bahwa isi buku ini keseluruhan ialah buku tentang kesehatan.

Beberapa resep atau ramuan dibuat pada 1290. Faith Wallis, ahli sejarah medis dan ilmu pengetahuan yang berbasis di McGill University mencoba menerjemahkan isi buku resep tersebut. Website Archaeology melaporkan, salah satu dari koleksi resep ini berasal dari Prancis.

"Kami percaya resep ini hanyalah sebuah variasi musiman," kata Giles Gasper dari Durham University. Ia melanjutkan, resep ini berisikan tentang bahan-bahan yang tersedia di musim dingin.

Gasper dan timnya berusaha untuk menciptakan beberapa hidangan dari isi buku resep tertua tersebut. Sebuah event akan digelar pada 25 April di Blackfriars Restaurant di Newcastle, Inggris.

"Saus biasanya berciri khas peterseli, sage, merica, bawang putih, sesawi dan ketumbar, yang saya menduga mungkin memberi mereka nuansa Mediterania ketika kita menciptakan mereka (hidangan tersebut)," tutur Gasper. (fmh)

techno.okezone.com

Related Post



Post a Comment