Home » » 10 Perpustakaan Tertua di dunia

10 Perpustakaan Tertua di dunia

Written By Pratama Edogawa on Sunday, 7 April 2013 | 18:42


1. National Library of the Czech Republic,Prague. Berdiri sejak tahun 1366.
Spoiler for gambar:
Sejarah perpustakaan ini erat hubungannya dengan berdirinya Charles University pada tahun 1348. Pemandangan yang paling mempesona adalah arsitektur baroque dari kompleks Klementium di dalam perpustakaan tersebut.

2. National Library of Austria, Vienna. Berdiri sejak tahun 1368.
Spoiler for gambar:

Perpustakaan ini didirikan oleh Dinasti Habsurg sebagai bagian dari Imperial Court Library. Dinasti ini berkuasa di Austria dari tahun 1278 sampai tahun 1918,selepas perang dunia I. Perpustakaan ini memiliki atlas terbaik di dunia. Perpustakaan ini juga memiliki lebih dari 180 ribu manuskrip dari kertas papirus,koleksi papirus terbesar di eropa dan kedua di dunia setelah Museum Mesir di Kairo.

3. Marciana National Library, Venice, Venetian Republic. Berdiri sejak tahun 1468.
Spoiler for gambar:


Venetian Republic sekarang bagian dari Italia, dan perpustakaan ini tetap berdiri dengan nama yang sama. Perpustakaan ini dimulai oleh Cardinal Bessarione dengan koleksi pribadinya tentang manuskrip religi yang penting.

4. National Library of France, Paris. Berdiri sejak tahun 1480.
Spoiler for gambar:
Status resmi sebagai Perpustakaan Nasional Prancis dikeluarkan di tahun 1617,dan dibuka untuk publik pada tahun 1735. Namun,aktual pendirian perpustakaan ini pada tahun 1480,ketika perpustakaan ini bernama Bibliothèque du Roi dan merupakan bagian dari Perpustakaan kerajaan King Louis XI.

5. National Library of Malta, Valetta. Berdiri sejak tahun 1555.
Spoiler for gambar:

Buku2 milik Knights of the Order of St. John Jerusalem adalah koleksi pertama perpustakaan ini. Kesatria2 ini berada di Jerusalem pada awal abad 12,terlibat pada perang salib II. Ketika perang berakhir,mereka kemudian pindah ke Cyprus pada tahun 1291, sebelum akhirnya diberi pengampunan oleh Emperor Charles V pada tahun 1530 di Malta.

6. Bavarian State Library, Munich, Germany. Berdiri pada tahun 1558.
Spoiler for gambar:

Duke Albrecht V mendirikan perpustakaan ini sebagai Wittelsbach Court Library ketika Bavaria adalah kerajaan, dan Jerman ketika itu terdiri dari beberapa negara bagian yang merupakan wilayah dari Kerajaan Romawi. Sekarang perpustakaan ini bukan bagian dari perpustakaan nasional Jerman, namun merupakan salah satu dari tiga perpustakaan terbesar dan terpenting di Jerman.

7. National Library of Belgium, Brussels (Royal Library Albert I). Berdiri pada tahun 1559.
Spoiler for gambar:

The Dukes of Burgundy adalah pendiri perpustakaan ini,dimulai dengan beberapa koleksi dari manuskrip penting. Belgia adalah salah satu dari sedikit negara di eropa yang menggunakan 2 bahasa,sehingga koleksi perpustakaanya cenderung memiliki 2 bahasa, Prancis dan Belanda.

8. National and University Library of Slovenia. Berdiri pada tahun 1595.
Spoiler for gambar:
Sebuah universitas bergabung dengan perpustakaan ini dan kemudian berubah nama menjadi Edward Kardelja University Library, Ljubljana.

9. National Library of Croatia. Berdiri pada tahun 1606.
Spoiler for gambar:
Jesuits pertama kali mengisi koleksi perpustakaan; yang juga bagian dari Zagreb University Library.

10. National Library of Finland, Helsinki. Berdiri pada tahun 1640.
Spoiler for gambar:
Perpustakaan ini bagian dari Helsinki University Library, dan pertam kali didirikan di Turku,ibukota Finlandia yang lama. Perpustakaan ini pindah ke Helsinki pada tahun 1828 setelah peristiwa the Great Fire of Turku.

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Sumber: http://davotmarbun.blogspot.com/2011/11/cara-membuat-tombol-next-page-pada-blog.html#ixzz2PNySC64L